Cara Mengganti Icon Launcher di Android Studio

Aplikasi yang di buat pada android studio biasanya icon akan secara default pada icon bawaan android studio. Untuk merubah ikon bawaan android studio tersebut kita harus mempunyai ikon yang di buat atau di design sendiri dengan fotmat PNG. Gambar ikon nya harus cerah dan ukuran nya harus pas kalo ingin tampilan nya sesuai yang di harapkan, mengenai ukuran ikon 512x512 bisa cek baca-baca di google developer.

icon android


Membuat ikon aplikasi launcher bisa di buat secara online kalo tidak ingin ribet namun hasil ikon nya lebih simpel atau sederhana. Untuk mendesign ikon aplikasi bisa di buat pada program photosop atau tools design lainnya, membuat ikon sangat penting sekali agar user lebih mengenali produk yang kita buat.

Cara Mengganti Icon di Android Studio
  1. Siapkan ikon yang ingin anda gunakan sebagai launcher. Pastikan ikon tersebut memenuhi persyaratan untuk ukuran dan format yang di terima oleh Android. 
  2. Buka proyek anda di Android Studio
  3. Di jendela "Project" di sebelah kiri, cari folder "res". Buka folder tersebut
  4. Di dalam folder "res", cari folder "mipmap". Jika folder "mipmap" tidak ada, Anda dapat membuatnya dengan mengklik kanan pada folder "res"-> "New" -> "Android Reseources Directory". Pilih "Mipmap" sebagai jenis direktori dan klik "OK".
  5. Di dalam folder "mipmap", anda akan menemukan beberapa folder dengan nama seperti "mimap-hdpi", "mipmap-mdpi", "mipmap-xhdpi", dan seterusnya. Ini adalah folder untuk menyimpan ikon dalam berbagai resolusi layar yang berbeda. Pilih folder yang sesuai dengan resolusi yang ingin anda gunakan. Jikan anda ingin menggunakan ikon yang sama untuk semua resolusi, anda dapat memilih folder "mimap-anydpi".
  6. Di dalam folder yang di pilih, Anda akan menemukan file dengan nama "ic_launcher.png" atau "ic_launcher_round.png". File ini adalah ikon launcher yang saat ini digunakan oleh aplikasi anda.
  7. Ganti file tersebut dengan ikon baru yang ingin anda gunakan. Pastikan ikon baru memiliki nama yang sama dengan file yang sudah ada "ic_launcher.png" atau "ic_launcher_round.png" dan memiliki format yang sesuai (misalnya, PNG).
  8. Setelah anda mengganti ikon, Android Studio akan secara otomatis mengganti ikon pada semua direktori resolusi lainnya jika anda menggunakan folder "mipmap-anydpi". Jika anda menggunakan folder resolusi spesifik, pastikan untuk mengganti ikon pada setiap folder resolusi yang di inginkan.
  9. Rebuild proyek anda untuk memastikan perubahan ikon di terapkan. Anda dapat melakukannya dengan mengklik "Build" ->  "Rebuild Projet" di menu bar atas. 
  10. Setelah proyek selesai di bangun, anda dapat menjalankan aplikasi di emulator atau perangkat fisik untuk melihat perubahan ikon launcher.
Setelah anda mengganti ikon launcher di Android Studio, anda mungkin juga perlu memperbarui manifest file aplikasi anda untuk mencerminkan perubahan tersebut. Berikut langkah-langkah untuk melakukan itu :
  1. Di jendela "Project", cari folder "app". Buka folder tersebut.
  2. Di dalam folder "app", Anda akan menemukan file bernama "AndroidManifest.xml". Buka file tersebut.
  3. Dalam file "AndroidManifest.xml" cari elemen '<application>'. Di dalam elemen ini, Anda akan menemukan attribut 'android:icon' atau 'android:roundIcon'.
  4. Ganti nilai anttribut 'android:icon' atau 'android:roundIcon' dengan nama ikon baru yang anda gunakan. Pastikan untuk memberikan nama ikon dengan benar, seperti '@mipmap/ic_launcher' jika anda menggunakan folder "mipmap-anydpi", atau "@mipmap/ic_launcher_round" jika Anda menggunakan ikon lingkaran.
  5.  Simpan file "AndroidManifest.xml"
Setelah anda melakukan perubahan ini, ikon launcher akan di perbarui sesuai dengan ikon yang baru Anda pilih. Pastikan untuk melakukan rebuild proyek anda dan menjalankan aplikasi untuk melihat perubahan tersebut di emulator atau perangkat fisik. 

Kini banyak situs yang menyediakan ikon gratis maupun berbayar yang bisa di unduh dalam format PNG bagi anda yang tidak bisa membuat design ikon.




Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Mengganti Icon Launcher di Android Studio"

Posting Komentar

close