Cara Menggunakan Program Turnitin Anti Plagiarisme

Turnitin memang bisa di andalkan apa lagi bagi sobat sekalian yang status nya sebagai dosen maupun pelajar..salah satu fungsi dari turnitin ini yaitu bisa mengkoreski keaslian dokumen yang kita buat dan dalam program turnitin ini kita bisa mengetahui dari mana sumber artikel yang kita ambil dan akan tercantum pula sumber alamat websitenya.

 Jadi kalo sobat sekalian yang sedang menyusun skripsi nih contoh nya apabila terlalu banyak mengambil artikel dari internet maka akan terdeteksi oleh program turnitin ini. Jadi intinya tidak baik mengambil artikel yang bukan dihahasilkan oleh diri kita sendiri.

Banyak sekali dari universitas yang menggunakan turnitin karena sangat berguna yaitu untuk mengkoreksi sebuah karya tulis ilmiah dan sebagainya di harapkan universitas yang lainnya bisa mengikuti juga. Anda bisa kunjungi webisitenya Turnitin dan diwajibkan untuk mendaftar terlebih dahulu apabila ingin menggunakan program dari turnitin ini.


turnitin
Tampilan Halaman Login Turnitin 2017

Untuk pendaftaran nya pun sebenernya cukup mudah dan ada beberapa kategori dalam pendaftaran turnitin yaitu student, instructor dan teaching assistant tinggal pilih link yang ada di bawah halaman login dan isi form sesuai yang kategori yang di pilih.


Walaupun banyak web ataupun blog yang memproteksi artikel nya dengan cara khusus akan tetapi tidak menutup kemungkinan banyak nya copy paste di luar sana. Media internet sangat lah mudah mencari bahan atau artikel yang apa yang kita cari. Dengan adanya proteksi dmca sehingga meminimalisir terjadinya copy paste dengan mudah seingga si penulis artikel tidak di rugikan.

Mungkin belakangan ini anda pernah dengar di berbagai univeritas atau pergurun tinggi ada plagiarisme atau plagiat yang berhubungan dengan skripsi, tesis dan disertasi nya. Itu sangat di sayangkan ya sob,,padahal kita sudah banyak mengeluarkan biaya kuliah dan waktu yang sangat panjang. Dengan adanya kasus seperti itu perlunya petugas khusus,, dalam hal semacam itu untuk meng koreksi mengawasi ke aslian hasil penelitiannya.


  • Tampilan Halaman Dashboard

program turnitin
Klik Tombol Add Class



  •  Anda Harus Membuat Kelas Terlebih Dahulu


turnitin
Form Class
Isikan kolom-kolom jenis kelas, nama kelas dan pilih dropdown nya sesuai yang ada.


Dalam pengecekan dokumen menggunakan program turnitin seberapa persen kah bisa lolos dari plagiat itu pun harus kita ketahui. Jadi selain keaslian nya bisa di pertanggung jawabkan dalam program turnitin akan terdeteksi dengan di tandai nya huruf-huruf yang berwana khusus apa bila ada nya copy paste.

Untuk menguji program turnitin ini anda perlu meyiapkan sebuah file ber ekstensi .doc .pdf  biar lebih mudah. Simpan di drive komputer anda agar lebih mudah simpan file di dekstop.





  •  Ketika sudah membuat kelas anda tinggal mengklik nama kelas nya















  •  Pilih file yang sudah di siapkan yang akad di cek oleh program turnitin 



  •  Proses upload file sedang berlangsung




  •  Klik Submit ketika file sudah ter upload 








  • Untuk hasil pengecekan bisa di download di simpan ke komputer anda dan di sini bisa dilihat pula sumber-sumber nya dari mana file itu di ambil.





  •  Tulisan yang di tandai warna itu merupakan tulisan yang sama yang di ambil misalkan di ambil pada internet,,itu akaan mudah sekali terdeteksi.






Mudah-mudahan cara di atas bisa membatu anda cara mengecek file nya supaya terhindar dari plagiarisme dan mungkin itu yang bisa saya share mudah-mudahan ada sedikit gambaran tentang program turnitin ini dan masih banyak genunaan fitru dalam turnitin ini. Terimakasih Semoga bermanfaat....!!

Postingan terkait:

25 Tanggapan untuk "Cara Menggunakan Program Turnitin Anti Plagiarisme"

  1. apakah saya bisa bergabung dengan bapak.

    saya mahasiswa S3 ilmu akuntansi yang membutuhkan program ini. atas kerjasamanya kami sampaikan terima kasij

    BalasHapus
  2. Apakah similarity pada Turnitin harus 0% untuk dinyatakan bebas plagiasi? Atau ada range tertentu yang diperkenankan?

    BalasHapus
  3. Bagaimana cara agar bisa berbagung dengan kelas bapak di turnitin?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seperti nya untuk sementara ini belum bisa, karena kelas ini di selenggarakan merupakan fasilitas untuk mahasiswa intern kami.

      Hapus
  4. bagaimana pak bisa masuk ke kelas bapak? saya ingin ikut tes untuk tugas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh datang saja ke kantor saya..untuk lebih lanjut silahkan via email di halaman Contact.

      Hapus
  5. Bolehkan saya ikut kelas bapak untuk tugas pengecekan skripsi?

    BalasHapus
  6. Malam Pak, saya mahasiswa di salah satu universitas swasta d jkt, saya membutuhkan program ini, apakah saya bisa bergabung di kelas bapak?

    BalasHapus
  7. Assalamualaikum, daya mahasidwa program s2 di salah satu universitas di bandung dan sekarang sedang mengerjakan tesis. Bisakah saya ikut bergabung di kelas bapak? Saya sangat membutuhkan bantuan dari bapak. Hatur nuhun

    BalasHapus
  8. selamat siang, sebelumnya perkenal saya tiyo mahasiswa akhir disalah satu kampus dimalang, pak saya hendak bergabung dengan kelas bapak untuk mengecek plagiasi dari sekripsi saya pak, apakah bisa?, trimakasih

    BalasHapus
  9. assalamualaikum, selamat malam pak, apakah saya boleh bergabung di kelas bapak? saya mahasiswa yang mau mengecek plagiasi, terima kasih

    BalasHapus
  10. pak. cara gabung kelasnya ginana ya? saya boleh bergabung dengan bapak?

    BalasHapus
  11. Bolehkah saya gabung dengan bapak?

    BalasHapus
  12. assalamualaikum, selamat malam pak, apakah saya boleh bergabung di kelas bapak? saya mahasiswa yang mau mengecek plagiasi di tugas

    BalasHapus
  13. Assalamualaikum bapak. Boleh saya bergabung dikelas bapak?

    BalasHapus
  14. Assalamu'alaikum bapak, bolehkah saya bergabung dikelas bapak?

    BalasHapus
  15. Assalamualaikum.wr.wb
    perkenalkan saya Doni pak, mahasiswa tingkat akhir di salah satu universitas Negeri di Jawa Timur. Jika diperkenankan apakah saya boleh bergabung di kelas bapak untuk mengecek plagiasi di tugas akhir saya. Terimakasih pak. :)

    BalasHapus
  16. bagaimana agar bisa bergabung dengan kelas bapak?

    BalasHapus
  17. apakah saya bisa bergabung di kelas bapak? saya sangat membutuhkan program ini.

    BalasHapus
  18. Assalamualaikum,saya mahasiswa S2 d universitas negeri, saya sangat membutuhkan program ini untuk mengecek tesis saya, apakah say bisa bergabung d kelas bapak ?

    BalasHapus
  19. selamat siang bapak, sayan ingin bergabung di kelas bapak untuk check tugas-tugas saya.apakah saya bisa bergabung di kelas bapak?

    BalasHapus
  20. BAgaimana bisa menggunakan turnitin ?? Saya butuh dengan program ini..

    BalasHapus

close